Penyakit Menular Seksual

didiagnosis

Penyakit Menular Seksual (PMS) terus menjadi masalah kesehatan utama di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, dan sering didiagnosis pada pria dan wanita yang terlibat dalam berbagai bentuk aktivitas seksual. PMS tidak terbatas pada ras, budaya, tingkat pendapatan tertentu atau preferensi seksual tertentu. Karena itu, penting bagi siapa pun yang aktif secara seksual untuk memiliki pengetahuan tentang bagaimana PMS ditularkan dan mempelajari cara-cara Anda dapat membatasi paparan terhadap berbagai penyakit.

Penyakit Menular Seksual, juga dikenal sebagai “PMS”, adalah infeksi yang ditularkan antara dua atau lebih individu biasanya selama tindakan seksual atau pertukaran cairan tubuh lainnya. Diperkirakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (“CDC”) bahwa lebih dari 50% dari semua orang akan tertular Penyakit Menular Seksual dalam hidup mereka Penyakit kelamin.

Pernah disebut penyakit kelamin, penyakit menular seksual adalah salah satu penyakit menular yang paling umum di Amerika Serikat saat ini. Pembagian darah atau cairan tubuh lainnya yang memungkinkan infeksi ditularkan dari satu orang ke orang lain. Lebih dari 20 PMS sekarang telah diidentifikasi, termasuk penyakit yang paling umum diketahui: HIV / AIDS, Sifilis, Gonore, Chlamydia, Hepatitis B, Genital Herpes, Trichomoniasis (alias Trichomonas) dan HPV. Beberapa Penyakit Menular Seksual, seperti infeksi HIV dan Sifilis, juga dapat disebarkan melalui kontak non-seksual dengan cairan tubuh. Infeksi semacam itu akan mencakup penularan ke anak yang belum lahir melalui ibu selama kehamilan dan persalinan, atau infeksi menyebar dari orang ke orang melalui penggunaan obat intravena (termasuk tato atau prosedur tindik telinga) dengan jarum yang najis (“kotor”).

Infeksi bakteri (seperti Gonore dan Sifilis) dan PMS yang disebabkan oleh parasit (termasuk Trikomoniasis atau Kudis) dapat diobati secara efektif dengan obat-obatan dan disembuhkan. Gejala PMS yang disebabkan oleh infeksi virus (seperti HIV, Genital Herpes atau Hepatitis) dapat diobati, tetapi penyakit itu sendiri tidak dapat disembuhkan.

Meskipun banyak kemajuan telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir menuju pencegahan, diagnosis, dan pengobatan banyak IMS, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Atlanta, Georgia memperkirakan bahwa sekitar 19 juta infeksi STD baru terjadi setiap tahun, hampir setengah dari mereka di antara kaum muda berusia 15 hingga 24 tahun.

Praktekkan seks aman. Bicaralah dengan pasangan Anda mengenai status kesehatan masing-masing sebelum melakukan hubungan seksual. Jika Anda melihat ruam, benjolan atau luka pada tubuh Anda, atau mengalami keluarnya cairan tubuh yang tidak biasa (dari vagina pada wanita, atau penis pada pria), berhentilah berhubungan seks segera, dan buat janji untuk pemeriksaan dengan dokter Anda atau penyedia layanan kesehatan setempat. Jika Anda telah didiagnosis dengan segala bentuk Penyakit Menular Seksual, atau PMS, segera beri tahu semua mitra; minum semua obat sesuai resep; dan jangan berhubungan seks lagi sampai Anda dan pasangan Anda secara fisik dibersihkan untuk melanjutkan aktivitas seks

You may also like